Wednesday, December 18, 2013

Telkomsel pilih Batam untuk uji cobakan teknologi LTE

Setelah melakukan uji coba penggunaan mobile broadband dengan penerapan teknologi Long Term Evolution (LTE) secara serentak di 3 kota pada bulan Juni lalu, kali ini Telkomsel akan kembali melakukan uji coba teknologi tersebut.

Kali ini, Batam terpilih sebagai tempat yang dirasa cocok untuk dilakukan uji coba teknologi LTE di tahun 2014 mendatang dengan alasan bahwa di daerah tersebut banyak terdapat warga negara Singapura yang gadget-nya sudah menggunakan teknologi 4G.

"Tahun depan kami akan lakukan uji coba LTE di Batam. Sedangkan untuk daerah lain seperti Kota Pekanbaru dan Kota Padang, kami belum tahu," kata GM ICT Network Operation Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah Ahmad Wahyudi, seperti dikutip dari Antara (18/12).

Menurut Ahmad, sampai saat ini pihaknya masih menunggu regulasi dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengeluarkan aturan teknologi LTE.

"Kami masih menunggu regulasi dari pemerintah tentang LTE dan sampai saat ini belum jelas frekuensi mana yang bisa digunakan untuk teknologi itu," katanya.

LTE merupakan teknologi radio yang mampu menawarkan kapasitas dan kualitas kecepatan data hingga 172 Mbps dan uji coba teknologi "mobile broadband" berbasis seluler GSM telah dilakukan di Bali, Jakarta, Medan dan Manado.

Pada Juni lalu, Telkomsel telah menggelar uji coba penggunaan mobile broadband dengan penerapan teknologi Long Term Evolution (LTE) secara serentak di tiga kota yaitu Medan, Jakarta dan Denpasar.

"Kesiapan uji coba LTE ini menguatkan komitmen Telkomsel memandu perkembangan industri seluler memasuki era baru layanan mobile broadband," kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, di sela uji coba LTE sekaligus peresmian pusat riset LTE Telkomsel di Jakarta.

Uji coba itu diresmikan oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring yang melakukan percakapan dengan pengguna telekomunikasi LTE yang berada di Kota Denpasar, Bali.

0 komentar:

Post a Comment